CFP

Tentang Children Forest Programme.

Logo CFPChildren Forest Programe atau CFP adalah program penghijauan hutan anak-anak. Program ini merupakan salah satu program OISCA yang menangani pelestarian lingkungan hidup dengan mengadakan penghijauan yang melibatkan anak-anak. Selain di Indonesia, CFP ini juga dilaksanakan di negara-negara Asia Pasific. Pelaksanaan program ini bertujuan agar anak-anak sedini mungkin dapat mencintai, melindungi, memelihara tanaman dan lingkungannya.

Organization for Industrial, Spiritual, and Cultural Advancement (OISCA) yaitu suatu organisasi nirlaba yang berkerja untuk meningkatkan / membangun semangat dan kesadaran serta budaya yang lingkup kerjasamanya bertaraf Internasional.

Dalam aksinya bersama CFP, anak-anak menanam bibit tanaman di pekarangan sekolah dan sekitarnya. Setiap anak sangat bersemangat untuk menanam pohon muda mereka sendiri dan melihatnya tumbuh dengan cinta dan perawatan mereka. Seringkali orang dewasa berpartisipasi dalam CFP dengan menggali lubang untuk kegiatan penanaman pohon, menyiapkan pupuk, dan membuat pagar untuk perlindungan tanaman dari binatang.
Tugas sebenarnya dari penanaman pohon ini adalah memelihara tanaman tersebut agar tetap hidup. Anak-anak bertanggung jawab untuk menghilangkan rumput, penyiraman dan pemberian apresiasi kepada tanaman mereka setiap hari. Pengalaman seperti ini mengarah pada pengembangan hutan penuh yang akan memberikan banyak manfaat bagi manusia, hewan dan Ibu Pertiwi. Warisan berharga yang ditinggalkan oleh satu generasi.

Kegiatan CFP mencakup seminar lingkungan, kuliah atau presentasi lingkungan hidup untuk anak-anak dan masyarakat. Kegiatan ini juga mengkampanyekan pengelolaan hutan, masalah ekologi global dan lingkungan yang berkelanjutan. Anak-anak belajar berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti meningkatkan tanaman obat, seperti jamur dan membuat kertas.
Anak-anak terlibat dalam kegiatan CFP akhirnya menginspirasi masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan lingkungan juga. Keluarga mereka mulai menanam pohon di sekitar rumah mereka dan daerah lain. (diadaptasi dari http://oisca-cfp.jimdo.com/about-1/ dan http://oiscakaranganyar.blogspot.com/)

Di bawah bimbingan tim OISCA Training Centre Karangpandan, siswa-siswi MI Muhammadiyah Karanganyar melaksanakan berbagai kegiatan di bawah ini untuk mensukseskan Children Forest Programme.

Kegiatan penanaman tanaman holtikultura dalam pot. 1 siswa bertanggung jawab terhadap 1 tanaman. Kegiatan ini dilaksanakan mulai sekitar tahun 2010.

Panen Raya_03 Panen Raya_02

Kegiatan pemanfatan lahan sempit untuk menaman tanaman holtikulturan dengan media tanam berupa pipa pralon.

_CFP_MIM-OISCA_01 _CFP_MIM-OISCA_03 _CFP_MIM-OISCA_04 _CFP_MIM-OISCA_05 _CFP_MIM-OISCA_06 _CFP_MIM-OISCA_07 _CFP_MIM-OISCA_08 _CFP_MIM-OISCA_09 _CFP_MIM-OISCA_09b _CFP_MIM-OISCA_09c _CFP_MIM-OISCA_09d _CFP_MIM-OISCA_09e

Pengenalan sistem tanam vertikulture.

Sistem pembudidayaan tanaman sayuran dan buah di lahan yang sempit dengan media pralon/pipa yang disebut dengan sistem ventrikultur. Sstem ini cocok di terapkan di daerah perkotaan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mensukseskan Green Wave sejak tahun 2012.

Green Wave adalah kegiatan penghijauan khusus dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati (International Day for Biological Diversity). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan peserta didik MI Muhammadiyah Karanganyar terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas (biodiversity).

Pada saat yang sama, dilaksanakan penanaman tanaman lokal serentak di seluruh penjuru dunia. Ajakan penanaman tanaman lokal ini dikenal gerakan gelombang hijau (Green Wave). Green wave mengajak para manusia di bumi untuk ikut serta berkontribusi dan berpartisipasi pada tanggal 22 Mei dengan melakukan aksi serentak yaitu menanam satu pohon pada pukul 10 pagi waktu setempat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA  OLYMPUS DIGITAL CAMERA

MIM Karanganyar berpartisipasi dalam Kegiatan Penghijauan Gunung Lawu yang Diselenggarakan oleh Obutsudan No Yamaki, Pemda Karanganyar, OISCA dan Perhutani di Desa Segoro Gunung Ngargoyoso Karanganyar.

_KEGIA~4 _KEGIA~3 _KEGIA~2 _KEGIA~1

MIM Karanganyar juga berpartisipasi dalam penanaman tanaman holtikultura di TK Mutiara Hati Tasikmadu.

CFP MIM Karanganyar-OISCA Training Centre_01 CFP MIM Karanganyar-OISCA Training Centre_02

CFP mengantarkan siswa MIM Karanganyar kunjungan belajar di Jepang.

OISCA Training Centre Karanganyar melaksanakan seleksi siswa-siswi MI Muhammadiyah Karanganyar yang mewakili OISCA Indonesia dalam kunjungan belajar selama 2 minggu ke Jepang. Dari kurang lebih 1200-an siswa-siswi MIM Karanganyar yang diseleksi terpilihlah Ananda Maharani Dean Pramudita sebagai CFP Ambassador 2015.

Children Forest Programme Ambassador Activity in Japan_01 Children Forest Programme Ambassador Activity in Japan_02

Children Forest Programme Ambassador Activity in Japan_03 Children Forest Programme Ambassador Activity in Japan_04

Sejak MIM karanganyar menyelanggarakan CFP, banyak tamu dari Jepang yang mengunjungi MIM Karanganyar untuk melihat pelaksanaan CFP di MIM Karanganyar.

Hari Selasa (11/03) menerima tamu dari OISCA Japan. Miss Hazuki Moroe yang merupakan penanggung jawab Children Forest Programme (CFP) OISCA Japan melakukan kunjungan monev pelaksanaan CFP di MIM Karanganyar. Didampingi Mr.Prihartanto Nur Rahmat dan Mr.Setyo Budi Utomo dari OISCA Training Centre Karangpandan Karanganyar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sabtu (13/12), MIM Karanganyar kembali menerima tamu dari Jepang. Tamu dari yang berasal dari Universitas OISCA Mahamatsu Jepang tersebut adalah Mr.Naomichi Matsushima dan Mrs.Akiko Kawaguchi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

CATATAN MR.SUPRI

Guru di MI Muhammadiyah Karanganyar Jawa Tengah

%d blogger menyukai ini: